Senin, 09 Desember 2013


Alis mata bisa mempengaruhi penampilan seseorang. Terlebih lagi untuk seorang wanita; biasanya ada juga yang rela mengeluarkan dana lebih untuk membentuk alisnya agar lebih menarik lagi dan sesuai dengan bentuk wajah; bahkan ada juga yang melakukan sulam alis untuk membentuk alis matanya. Dengan segala usaha yang dilakukan untuk membentuk alis mata; apakah Anda tau apa fungsi dari alis mata? Selain memiliki fungsi untuk menahan keringat agar tidak masuk ke mata, ternyata ada fakta unik alis mata lainnya yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Untuk menambah info yang menarik lagi tentang alis mata, dilansir dari womenshealthmag inilah fakta menarik tentang alis mata lainnya.

Alis mata dirancang untuk membantu melihat
Selain fungsi utamanya untuk menahan keringat atau air masuk ke dalam mata, ternyata fungsi alis lainnya juga untuk membantu melihat dengan menjaga kelembaban mata ketika hari hujan atau pada saat berkeringat. Bentuk alis yang melengkung juga akan mengalihkan cairan yang akan jatuh ke mata jadi mengalir ke sisi wajah.

Ada banyak jumlah helai rambut
Perusahaan transplantasi rambut Bosley mengatakan bahwa rata-rata tiap orang memiliki sekitar 250 rambut per alis. Pasti Anda tidak pernah tau berapa tepatnya jumlah helai rambut yang ada pada alis mata bukan? Namun, beberapa laporan menunjukkan bahwa bila alis mata tidak pernah dicukur, jumlah helai rambut pada alis bisa mencapai sebanyak 1100 helai.

Alis memiliki jangka waktu
Berapa lamakah jangka waktu atau umur dari alis mata? Umur rata-rata dari alis mata ternyata 4 bulan. Berarti setiap jangka waktu 4 bulan, alis mata aka nada yang rontok dan digantikan dengan pertumbuhan rambut yang baru.

Alis juga penting untuk pengenalan wajah
Sebuah studi yang dilakukan oleh MIT menemukan bahwa orang-orang akan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi wajah seseorang apabila melihat foto wajah orang yang tidak memiliki alis. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa alis mungkin lebih penting untuk pengenalan wajah dari mata sendiri.

Alis bisa memberitahukan sinyal emosi
Alis membantu kita untuk menunjukkan sinyal emosi, tapi ternyata alis itu sendiri secara reflek memberikan sinyal tersebut pada orang-orang. Ketika nada suara Anda meninggi, alis juga secara reflek akan memberikan gerakan. Bukan hanya itu tetapi ketika Anda membuat ekspresi tanpa berpikir, seperti ketika Anda terkejut, alis bergerak dengan cara yang simetris satu sama lain. Sebaliknya, ketika Anda membuat apa yang disebut ekspresi ‘tujuan’, seperti kecurigaan dan rasa ingin tahu, alis akan mengerut dan melakukan gerakan yang saling berbeda satu sama lain.


Pada zaman dahulu, alis juga termasuk dalam perawatan kecantikan
Perawatan kecantikan terhadap alis ternyata tidak hanya dilakukan pada zaman sekarang saja lho. Bahkan setiap periode waktu dan beda budaya, memiliki cara yang berbeda untuk membentuk alis. Misalnya di Florence selama zaman Renaissance, orang mencukur rambut pada alis mata seluruhnya.

Alis mengatakan lebih banyak tentang Anda
Menurut buku Amazing Face Reading oleh Mac Fuller, J.D., jenis alis mata Anda mendefinisikan siapa diri Anda sebenarnya. Alis melengkung menunjukkan karakter seseorang yang lebih berorientasi pada orang-orang di sekitarnya dan membutuhkan contoh-contoh nyata untuk memahami suatu masalah; sementara bentuk alis mata yang lebih lurus menyiratkan karakter orang yang lebih langsung to the point, faktual dan logis, berkembang pada rincian teknis.

Beberapa poin-poin di atas tentang alis mata sangat menarik ya. Ternyata bentuk alis pun bisa menggambarkan karakter dan kepribadian seseorang disamping memancarkan keindahan dari mata dan menyempurnakan penampilan.

0 komentar:

Posting Komentar